Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba

Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba - Hallo sahabat Budidaya Ternak, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara penggemukan kambing domba, Artikel menggemukan domba, Artikel menggemukan kambing, Artikel penggemukan domba, Artikel penggemukan domba gibas, Artikel penggemukan kambing, Artikel penggemukan kambing jawa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba
link : Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba

Baca juga


Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba

Cara Penggemukan Kambing Domba secara benar, adalah idaman bagi para peternak kambing domba khususnya bagi mereka yang mengambil sisi bisnis kambing domba pedaging.

Menggemukkan kambing dan domba bukanlah perkara mudah dan sepele, karena ternyata sangat banyak sekali hal yang wajib diperhatikan.
Sebelum jauh membahas mengenai tips penggemukan kambing domba, maka izinkanlah kami ajak anda untuk menilik kembali ke belakang, apa saja persiapan dasar yang dibutuhkan untuk pemeliharaan yang ideal sebuah peternakan kambing domba pedaging ?

1. Hal yang pertama dibutuhkan adalah ilmu mengenai ternak kambing domba yang benar, berikut dengan pendampingan dari berbagai mentor peternak senior yang sudah mempunyai reputasi baik. Ilmu dan silaturahmi kepada para peternak senior ini ibarat orang membangun bangunan rumah tingkat, ini adalah dasar pondasinya, semakin kuat pondasinya atau semakin kuat dan banyak ilmu peternakan yang didapat maka akan sangat bermanfaat kedepannya.

2. Pakan.. ya pakan menjadi 1 point yang oleh sebagaian peternak kambing domba sangat-sangat dikesampingkan, hal ini terbukti dengan semakin berkurangnya budaya menanam pakan hijauan dan cenderung pada mengandalkan berbagai limbah pertanian rendah nutrisi untuk pakan kambing dombanya.

Seringkali kami menerima banyak pertanyaan dari para peternak, yaitu " di tempat kami kalau kemarau susah pakan hijauan, apa solusinya " maka dengan semangat kami berikan jawaban :

" Mari aktifkan kembali kegiatan menanam pakan hijauan, bangkitkan kembali budaya menanam beraneka pakan hijauan "

Pakan sangat berpengaruh pada biaya harian dalam sebuah peternakan, dengan ketersediaan pakan yang berkecukupan maka biaya yang dikeluarkan akan semakin rendah, karena berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak sudah mayoritas tercukupi dalam pakan hijauan, kemudian biaya pembelian pakan tambahan juga semakin rendah.

Berikut ini adalah beberapa jenis pakan hijauan untuk pakan kambing & domba

 
                             Indigofera                                                                     Kaliandra

 
                            Bibit kaliandra                                       Rumput Odot & Rumput sawah

Pada bisnis penggemukan kambing domba, kualitas pakan sangatlah menentukan, baik dari pakan hijauan maupun pakan tambahannya.

Aneka jenis pakan hijauan untuk kambing domba yang tinggi nutrisi seperti daun : kaliandra, singkong , indigofera, gamal, turi, sengon, pisang, pepaya, mahoni, rambutan, durian, angsana, kelor, sawit, alpukat, dll

Untuk jenis pakan tambahan yang biasa diberikan dalam penggemukan kambing domba adalah :
Ampas tahu, ampas singkong ( gamblong ), ampas gandum, pohon dan kulit kedelai, kulit kacang hijau, bungkil sawit, bungkil coklat, kulit singkong, kulit ari jagung, kulit kopi, bekatul, konsentrat dll

3. Kandang yang ideal untuk menampung kambing domba yang digemukkan, hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan kambing domba. Ternak yang nyaman di kandangnya maka akan sangat mempercepat mereka untuk berat badannya bertambah, ini sangat berbeda sekali apabila kandang si kambing domba kondisinya kumuh, kotor, berbau, maka ternak akan sulit tumbuh berkembang.

Model kandangnya bisa dengan bodel kandang batre ( sekat ) ataupun kandang koloni, disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing dan jenis kambing dombanya.

 

4. Ketepatan dalam pembelian  kambing domba yang akan digemukkan, ada metode yang membeli dari usia muda atau bibit usia 3-5 bulan, namun ada juga yang membeli di usia siap panen misal usia 10-12 bulan.

Bagi yang ingin memelihara sejak usia dini, sangat ideal apabila mengetahui dahulu indukan dari bibitan yang akan dibeli, karena kalau indukan dan pejantannya mempunyai posture badan bagus maka anaknya pun 70% akan mengikuti gen bapaknya dan 30% akan mengikuti gen ibunya.



Perawatan Awal Kambing Domba Khusus Pedaging :

Berikut ini metode apabila mau menerima  kambing domba pedaging yang baru datang di kandang :

1. Siapkan obat cacing, vitamin ADE
2. Siapkan mesin cukur atau gunting cukur khususnya untuk domba pembesaran yang baru datang
3. Siapkan kandang transit untuk karantina kambing domba yang baru datang
4. Siapkan alat mandi, supaya kambing domba yang baru datang bisa segera dimandikan
5. Selama 1 minggu pertama silahkan dilatih penyesuaian dengan kandang baru dan pola perawatan baru

Pola pakan :

Kambing domba khususnya kelas pedaging wajib memiliki JAM MAKAN, karena akan sangat membantu mempercepat kondisi kambing domba supaya lekas gemuk atau pencernannya bekerja maximal sesuai kemampuan.

Jenis pakan yang biasa diberikan adalah pakan hijauan berupa dedaunan dan rerumputan dan beraneka jenis pakan tambahan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Mengenai pola makan, maka disesuaikan dengan kebijakan farm masing-masing, ada beberapa metode pola pakan yang diterpkan beberapa farm penggemukan kambing domba, diantaranya :

1. Pola pakan 2X sehari, yaitu pertama di pagi atau siang hari kambing domba dikasih pakan tambahan ( komboran ) kemudian sore harinya baru dikasih pakan hijauan sebagai seratnya

2. Pola pakan 3 X, jam makannya bisa diatur seperti ini, pertama jam 8-9 pagi ( pakan komboran ), sore jam 3 pakan hijauan, jam 8 malam pakan hijauan kembali

3. Pola pakan 4 x, Jam makan pagi berwujud pakan kering seperti konsentrat, siang kasih rumput atau dedaunan, jam 4 sore dikasih komboran lagi kemudian malamnya diberikan rumput atau pakan dedaunan.

Metode Pemberian Pakan :

1. Pemberian pakan kering berupa konsentrat, bekatul dan segalanya diberikan terpisah
2. Pakan hijauan dikondisikan dalam keadaan tercacah kecil-kecil kemudian diberikan pada ternak
3. Metode pakan dicampur, yaitu pakan hijauan yang sudah dicacah dicampur dengan pakan kering
4. Pakan tambahan basah atau biasa dikenal dengan metode pakan komboran, yaitu bahan pakan tambahan berupa ampas tahu, onggok singkong, dicampur dengan pakan kering dan diberi air sehingga penampakannya pakannya basah.

Apakah ada trik lain dalam penggemukan kambing domba yang bisa menyempurnakan berbagai tahapan di atas ?

Jawabannya : ADA

Penggemukan kambing domba sehingga menghasilkan kambing domba yang berbadan besar namun berotot dan rendah lemak kurang lebih sama seperti seorang atlet binaraga yang terus melakukan olah badan , mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi dan tentu saja mengkonsumsi tambahan beberapa supplement penyempurna nutrisi yang akan membentuk bentuk badan yang diharapkan
Dalam komunitas peternak sapi pedaging penggunaan media penyempurna nutrisi sudah sangat lazim digunakan, media ini dikenal dengan nama PREMIX. Premix ini memang ada beberapa vendor produsennya, namun tentu saja tiap vendor memiliki ramuan khusus yang ada didalam produknya.

Premix ini berfungsi sebagai penyempurna berbagai nutrisi pakan yang sudah dikonsumsi ternak, artinya premix ini bukanlah OBAT SURGA, yang bisa digunakan tanpa dengan melewati proses perawatan ternak yang benar. Sederhananya, ibarat seorang binaragawan, mereka akan kesulitan menciptakan body badan yang kekar kalau hanya sekedar didukung oleh setiap hari latian tanpa disupport aneka makanan bernutrisi tinggi dan supplement. Sama sebaliknya, apabila ada seorang atlet binaraga mau memiliki badan bagus, sudah mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi berikut dengan berbagai supplement namun tanpa pernah berlatih badan maka sama saja tidak akan pernah tercapai bentuk badan yang altetis.

*******************************************************
Kami perkenalkan sebuah supplement penyempurna nutrisi pada kambing domba, yaitu sebuah premix dengan brand " SEGO PECEL ". Namanya memang cenderung lucu yaitu sama seperti nama kuliner di jawa yaitu nasi pecel, nama ini sengaja dipakai oleh produsennya supaya premix ini tetap terjangkau harganya, serta tinggi manfaatnya bagi tubuh hewan ternak seperti halnya nasi pecel yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya.


Produk premix Sego pecel yang komposisi nya terdiri dari berbagai macam vitamin dan berbagai kebutuhan ternak lainnya, sebelumnya sudah sangat dikenal di komunitas penggemukan sapi, khususnya mereka yang tergabung dalam komunitas Kabinet Sapi.


Sebagai penggembangan produk Premix untuk sapi pedaging, maka dibuatkan produk baru premix untuk penggemukan kambing domba. Premix ini bukan produk dari perusahaan MLM jadi untuk harga jualnya pun sangat terjangkau. Produsen premix ini juga memberikan arahan bahwa premix sego pecel baru akan bermanfaat apabila perawatan harian ternak nya memang sudah benar, pakannya benar-benar jenis pakan bernutrisi tinggi.


Penggunaan premix sego pecel sangat efektif apabila dicampurkan dalam pakan kering, semisal dicampurkan pada konsentrat, bekatul, tepung gaplek, onggok kering. Bahan pakan tambahan yang sudah dicampur dengan premix ini kemudian bisa diberikan kepada kambing domba dengan metode pakan kering atau bisa dicampurkan dengan pakan tambahan basah seperti ampas tahu, onggok singkong.

Penggunaan premix sego pecel juga sangat hemat, yaitu 1 sendok makan untuk setiap 5-7 kg pakan, atau 1 kg premix untuk 100-200 kg pakan kering.

Sebagai ujicoba awal, sekitar 3 bulan yang lalu, kami mencobakan premix ini kepada domba merino kami, dan hasilnya memang sesuai dengan yang sering dialami oleh para peternak sapi, yaitu pertumbuhan berat badannya meningkat secara teratur.

 

Setelah melakukan ujicoba pada 1 domba merino , kemudian premix sego pecel kami berikan kepada semua varian kambing domba yang kami miliki, diantaranya kepada kambing PE Kaligesing, kambing sapera, kambing boer, kambing jawa randu, domba merino, domba ekor gemuk atau gibas, domba ekor tipis ( gembel ) dan domba garut, hasilnya sesuai harapan kami.

Nafsu makan kambing domba kami semakin meningkat, aneka jenis pakan hijauan maupun pakan tambahan pun habis dimakan semua tanpa pilih-pilih, kemudian pertumbuhan berat badannya pun sangat terasa sekali.

Berikut ini foto dari kambing jawa randu kami yang makan pakan tambahan dan beraneka pakan hijauan.

 

Berikut ini Kambing PE Kaligesing kami :


Penggunaan Premix sego pecel pada domba ekor tipis dan domba silangan garut kami :

 Beberapa foto kambing domba kami lainnya yang menggunakan produk premix sego pecel :
























Demikianlah Artikel Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba

Sekianlah artikel Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba dengan alamat link http://budidaya-ternak-sukses.blogspot.com/2017/03/cara-penggemukan-kambing-domba-tips.html

0 Response to "Cara Penggemukan Kambing Domba - Tips Menggemukan Kambing Domba"

Post a Comment