Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona

Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona - Hallo sahabat Budidaya Ternak, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona
link : Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona

Baca juga


Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona

Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona

Beternak lebah ternyata tak hanya sekadar mengambil madu yang memiliki harga mahal. Air liur lebah jenis Trigona--propolis-- ternyata juga mendatangkan untung yang tak kalah menggiurkan.
Lebah tergolong jenis  serangga yang menghasilkan banyak produk alami yang berkhasiat buat kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah propolis yang kini menjadi produk kesehatan alternatif yang diminati masyarakat.

Baca juga : Cara Gratis Meningkatkan Traffic Website

Propolis dikumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda dan kulit pohon, terutama pohon popular lalu dicampurkan dengan air liurnya. Cairan itu digunakan lebah untuk menambal lubang di sarangnya, sekaligus melindungi sarang lebah dari serangan virus, bakteri dan jamur.
Sebagai obat herbal, propolis dipercaya mengandung banyak khasiat kesehatan bagi tubuh, seperti antioksidan, antitoksin, antibiotik, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Lebah trigona merupakan penghasil propolis yang paling terkenal. Seiring tingg inya permintaan propolis di pasaran, budidaya lebah ini pun makin diminati. Lebah trigona memiliki tubuh lebih kecil dibandingkan lebah madu. Jenis lebah ini bisa menghasilkan cairan propolis lima kali lipat lebih banyak dari lebah madu.
"Sekarang banyak yang tertarik membudidayakan lebah ini buat diambil propolisnya," kata Wiyadi Suprihatin, yang sudah membudidayakan lebah trigona sejak tahun 2009 di Pandeglang, Banten.
Awalnya, ia melihat lebah ini cukup banyak di wilayahnya. Ketika itu, propolis belum populer sebagai obat herbal, sehingga lebah ini dianggap kurang menarik karena menghasilkan madu lebih sedikit.
Namun, Wiyadi mengaku, tetap tertarik menangkarkan lebah trigona karena melihat banyaknya habitat lebah ini di daerahnya. Keputusannya itu tidak salah. Terbukti, propolis kini populer dan harganya terus merangkak naik. Kini, Wiyadi menjual bibit trigona beserta ratu dalam satu koloni.
Untuk satu koloni dalam kotak ber ukuran 25 centimeter (cm) x 20 cm x 20 cm dijualnya seharga Rp 150.000 per kotak. Pelanggannya berasal dari banyak daerah, seperti Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Dari penjualan bibit lebah trigona, Wiyadi bisa mengantongi omzet Rp 5 juta-Rp 12 juta per bulan.
Peternak lainnya adalah Hariyono asal Malang, Jawa Timur. Ia mengembangkan lebah trigona di bawah bendera usaha Tawon Rimba Raya sejak tahun 1980. Selain menghasilkan propolis dan madu, lebah ini digemari karena perawatannya mudah dan tak bersengat.  "Lebah ini juga sangat kuat dan mudah merawatnya," tutur Hariyono.
Sama seperti Wiyadi, Hariyono juga menjual bibit lebah trigona. Ia menjual satu koloni bibit trigona mulai dari Rp 60.000 sampai dengan Rp 450.000, tergantung jumlah koloni lebah. Dalam sebulan, omzet Hariyono dari penangkaran lebah trigona bisa mencapai Rp 10  juta. Â
3 Bulan Panen
Budidaya lebah trigona tidak terlalu rumit. Dua hal yang paling pe nting diperhatikan adalah lokasi hidup dan ketersediaan makanan. Di luar itu, lebah ini terbilang tidak butuh perawatan khusus.
Lebah trigona biasanya hidup di alam bebas, dan seringnya membuat sarang di tanaman bambu. Namun, bagi pembudidaya, bisa memelihara hewan ini di dalam kotak kayu. Kotak kayu lebih awet dibandingkan bambu.
Satu koloni bisa menempati kotak berukuran 20 cm x 25 cm x 30 cm. "Yang terpenting kotak harus rapat dan hanya ada satu lubang untuk keluar masuk lebah," tutur Wiyadi Suprihatin, pembudidaya lebah trigona asal Pandeglang, Banten.
Ini penting, karena menurut Wiyadi, lebah trigona tidak suka terkena sinar matahari. Selain itu, kotak yang tak rapat berpotensi mendatangkan semut ke dalam sarang. Jika ada celah-celah, maka lebah trigona akan menutup celah-celah itu dengan propolis. "Jadi kalau banyak lubang, sayang sekali propolisnya untuk menutupi lubang kotak," jelas Wiyadi.
Kotak pun harus disimpan di t empat teduh, karena jika terlalu banyak terpapar matahari, sarang akan mudah meleleh. Selain itu, jangan memilih lokasi budidaya di dekat lokasi sarang walet, karena walet gemar memakan lebah yang tidak bersengat ini.
Kata Wiyadi, pembudidaya harus menjamin ketersediaan makanan. Lebah ini adalah pemakan serbuk sari bunga atau buah-buahan. Makanya, lokasi budidaya harus banyak tanaman bunga dan buah.
Pembudidaya lainnya, Hariyono menambahkan, kalau bunga sedang sedikit, lebah bisa diberikan air gula atau air sirop sebagai pengganti sementara. Sesendok air gula atau sirop diberikan sekali dalam sehari ke dalam sarang. "Namun, pemberian air ini hanya boleh maksimal sebulan. Lebih dari itu, tanpa serbuk sari, lebah akan mati," papar pemilik peternakan Rimba Raya di Lawang, Jawa Timur ini.
Nah, jika pembudidaya juga bertujuan mengambil propolis, kebun atau lokasi pembudidayaan perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Supaya lebah  menghasilkan bany ak propolis, budidaya harus dilakukan di daerah yang banyak pohon pinus atau pohon lain yang mengandung propolis.
Hariyono bilang, selain butuh banyak serbuk sari, lebah juga butuh banyak pohon yang mengandung propolis.
Sebab, semakin banyak tersedia serbuk bunga, madu yang dihasilkan akan semakin banyak. "Begitu pula, jika semakin banyak ketersediaan pohon pinus, maka hasil propolisnya pun semakin tinggi setiap panen," jelasnya.
Jika pasokan makanan melimpah, madu dan propolis sudah bisa dipanen dalam sebulan. Namun, jika pasokan tak terlalu banyak, rata-rata panen bisa dilakukan dalam waktu tiga hingga empat bulan.
Lebah trigona akan mencari makan sendiri dengan jarak jangkauan hingga 500 meter dari sarangnya. Masa produktifnya juga cukup panjang. Lebah-lebah trigona bisa terus dipanen. Bahkan, jika ratu lebah koloni mati, masih bisa diganti.ktn,kcm
Analisa Usaha Sederhana
Modal Usaha < /p>
Keuntungan
*Panen dari 30 bendala x 250 gr/bendala x  Rp 300.000 = 2.250.000
*Laba : 2.250.000 â€" 190.000 = Rp 2.060.000 / panen
Cara Ambil Bibit Klanceng
Lebah klanceng atau trigona banyak terdapat di sekitar kita, biasanya bersarang di dinding bambu di masyarakat pedesaan. Cara memuliabiakkan lebah ini sangat sederhana. Pasca menyediakan kandang ambil koloni liar lebah klanceng yang ada di dinding bambu, pindahkan semua telur dan berikut pekerja dan  ratunya. Jadilah lebah klanceng yang telah ditangkarkan pada kotak yang direncanakan.
Tujuan pembuatan kotak kandang adalah untuk memudahkan dalam memanen madu, dan juga untuk tujuan pemecahan koloni. Biasanya, dalam sekali pengambilan madu klanceng lilar, hanya mendapatkan tidak lebih dari 1 gelas madu. Lebah ini sangat mudah dibudidayakan dan tidak berbahaya karena memang tidak punya sengat.
Jenis lebah klanceng yang lain, yang tubuhnya l ebih besar, berwarna hitam, besarnya sekitar 3-4 kali lebah klanceng, sering disebut dengan trigona Carbonaria, masih bisa dijumpai di hutan-hutan di Jawa. Produksi madu lebah ini tentunya jauh lebih besar dari klanceng yang hidup di dinding/bambu. Ukuran pot madu sebesar ibu jari orang dewasa, bentuk sarangnya bertipe spiral dan berada di tengah sarang. Produktivitas madunya belum bisa diukursecara pasti, sekitar  2 gelas setiap kali panen (3 bulan).
Pemecahan koloni untuk jenis ini juga simple, cukup dengan memecah telur menjadi 2 bagian, dan ditempatkan pada kotak yang berbeda. Menurut penelitian, saat memecah koloni, untuk koloni yang tanpa ratu, lebah pekerja segera akan menjadikan telur yang ada menjadi calon ratu, sehingga mampu menjadi koloni yang terpisah. Jangkauan mencari makan lebah ini juga cukup jauh. Ins
Propolis Sang Penyembuh
Propolis adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah madu dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubuhnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang.
Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke dalam sarang lebah. Lebah meliputi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut dari serbuan kuman, virus atau bakteri seperti: ratu lebah, telur, larva lebah, madu dan semua yang ada didalam sarang lebah madu.
Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.
Propolis Bagi Manusia adalah :
Suplementasi; mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan Kelenjar thymus. Zat-zat tersebut adalah, semua Vitamin kecuali vitamin K, semua Mineral yang dibutuh kan tubuh kecuali Sulfur, mengandung 16 rantai Asam amino esensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
Propolis juga menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya :thypus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
Juga bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya : demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
Bahkan, lembaga Riset Kanker Columbia, 1991; dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%.ins


Demikianlah Artikel Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona

Sekianlah artikel Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona dengan alamat link http://budidaya-ternak-sukses.blogspot.com/2013/04/tergiur-laba-air-liur-lebah-trigona.html

9 Responses to "Tergiur Laba Air Liur Lebah Trigona"